Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Contact Me

 

Review E-Commerce Dell.com dan Ford.com

Minggu, 13 November 2011


E-COMMERCE DELL

Dell didirikan oleh Michael Dell pada tahun 1984, saat ia menjadi mahasiswa di University of Texas, Austin. Dell memulai usahanya dengan menjual upgrade untuk IBM-Compatible PC, dan pada tahun 1985 mulai menjual PC dengan labelnya sendiri. Dell beroperasi dengan sistem pemesanan langsung di mana pemesanan dilakukan via telepon dan PC dibuat sesuai dengan spesifikasi yang diingkinkan pelanggan. Dell mendapatkan banyak manfaat dari sistem penjualan langsungnya dibandingkan dengan sistem penjualan tidak langsung yang diterapkan oleh para kompetitornya. Dell mulai menerapkan e-commerce pada tahun 1994 dengan membuat website pertamanya dan memindahkan segala kegiatan bisnisnya melalui internet. Website ini menyediakan fasilitas konfigurasi, pemesanan, pelayanan, dan dukungan yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. 


E-commerce pada Dell dikembangkan oleh Dell Online Group yang membuat Dell.com dan Premier Pages. Penjualan secara online berada pada bagian pemasaran sedangkan pelayanan dan pendukung teknis termasuk ke dalam customer service. Melalui Dell.com, pelanggan Dell dapat membeli PC, perlengkapan, software, serta mendapatkan pendukung teknis dan pelayanan lainnya secara online. Dengan e-commerce, Dell dapat meminimalisasi biaya, menjaga kualitas peyanan, serta mengembangkan bisnisnya secara efektif dan efisien.



Perusahaan komputer Dell  sudah beroperasi selama 15 tahun dan mempunyai perkembangan dalam financialnya dari 6.2 juta dollar pada tahun 1985 sampai dengan 21.7 milyar dollar di tahun 1999. Pada tahun 1999, Dell menempati rangking ke-2 dalam memasarkan PC di Amerika dan dunia. Keberhasilannya adalah sejak menemukan model pemasaran secara langsung yaitu business-to-customer yang merevolusi industri PC pertama kali di Amerika dan kemudian dilebih dari 170 negara di seluruh dunia. Pada kuartal pertama tahun 1997, Dell melaporkan penjualan harian secara on-line sebesar US $ 1 juta.  Untuk bulan agustus tahun 1999 penjualan harian secara online telah mencapai US $ 30 juta, menerjemahkan ke US $ 11 miliar per tahun. Pada akhir tahun 2000, Dell menargetkan untuk melakukan setengah dari bisnisnya di setiap daerah secara online.

Michael Dell meraih reputasi sebagai CEO termuda dari 500 perusahaan terkaya. Selain itu  ia sebagai salah satu dari 25 manajer top di tahun 1997 ““Top 25 Managers of the Year”  oleh Business Week’s.  “Entrepreneur of the Year” oleh perusahaan majalah, “Man of the Year” oleh Majalah PC dan “CEO of the Year” oleh dunia keuangan. Keberhasilan Michael Dell dan Dell Computer Corporation didirikan pada model direct business-to-consumer. Perusahaan ini didirikan pada konsep sederhana: bahwa dengan menjual komputer pribadi secara langsung kepada pelanggan, Dell harus bisa memahami kebutuhan mereka dan mampu memberikan solusi yang paling efektif untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dell jual langsung kepada pelanggan, berurusan langsung dengan pemasok dan berkomunikasi langsung dengan karyawan, semua tanpa campur tangan perantara. Untuk konsumen, apakah konsumen biasa atau sebuah perusahaan multinasional, Dell manjadi single point atas kontak dan akuntabilitas.

Pada tahun 1996, mengoyang industri PC dengan cara membuat pendekatan langsung bahkan langsung melalui Internet. Hingga akhir 2000, Dell diantisipasi bahwa setengah dari total bisnis (penjualan, layanan dan dukungan) akan dilakukan secara on-line. Internet memiliki potensi untuk mengubah wajah industri PC. Dell bertujuan untuk menganggap sebuah posisi kepemimpinan dalam Internet commerce, Internet mendefinisikan model bisnis sebagai perpanjangan dari direct model. Melalui www.dell.com, Dell mampu meningkatkan performansinya secara drastic, karena seluruh pelanggan yang ada di seluruh dunia bisa melakukan pembelian produk dan jasa dimanapun mereka berada.

KELEBIHAN E-COMMERCE DELL

·      Dell merupakan leader dalam Perusahaan Sistem Komputer. Dell mendesain, membangun, membuat produk dan memberikan service yang memuaskan sesuai dengan keinginan pelanggan. Dari server, storage dan service professional yang dibutuhkan oleh perusahaan global yang besar sampai pada pelanggan di rumah. Dell melakukan bisnis langsung kepelanggan dengan cepat dan dengan kepercayaan bahwa Dell dapat melakukannya lebih baik dari pada orang lain di dunia ini.

·       Dell Server Power Edge, Power Vault dan Dell Sistem EMC Storage dan hubungan Power Connect adalah superior dalam membangun blokir dalam komputer perusahaan. Workstations, desktop OptiPlex dan Notebook Latitude sesuai dengan kebutuhan bisnis dan organisasi. Individu dan bisnis mikro diuntungkan oleh perfomarce produk Dell yang tinggi. Dell juga menawarkan printer, proyektor,Axim handheld dan produk-produk pendukung lainnya. Dan Dell mendukung semua itu dengan service yang diciptakan untuk menolong pelanggan dengan lebih menyederhanakan computer yang kompleks.

·          Dell menyadari bahwa computer dibutuhkan oleh Organisasi dan Bisnis. Dell mengoperasikan salah satu leader dalam situs internet di www.dell.com yang menjadikan Dell perusahaan yang ideal agar pelanggan tahu dan dapat mengambil informasi produk secara online. Dari produk server dan storage tingkat atas hingga service purna jual tanpa pengecualian, dapat Dell ketahui bahwa apa keinginan dan kebutuhan pelanggan karena mereka mengatakannya langsung. Dell akan mewujudkan hal tersebut secepatnya.

·          Dell menyadari bahwa computer dibutuhkan oleh Organisasi dan Bisnis. Dell mengoperasikan salah satu leader dalam situs internet di www.dell.com yang menjadikan Dell perusahaan yang ideal agar pelanggan tahu dan dapat mengambil informasi produk secara online.Dari produk server dan storage tingkat atas hingga service purna jual tanpa pengecualian, dapat Dell ketahui bahwa apa keinginan dan kebutuhan pelanggan karena mereka mengatakannya langsung. Dell akan mewujudkan hal tersebut secepatnya.

·      Dell berhasil berada di puncak market leadership dikarenakan tetap mempertahankan focus kepada pelanggan. Team Dell berusaha keras untuk memenuhi keinginan setiap pelanggan dengan memberikan toleransi “standard solusi dasar computer” yang sangat  berhati-hati. 


E-COMMERCE FORD


Ford Motor Company adalah sebuah produsen mobil asal Amerika Serikat yang didirikan oleh Henry Ford di Detroit, Michigan dan diresmikan pada 16 Juni 1903, saat Henry Ford (pendiri Ford) dan 11 rekanan bisnisnya menandatangani perjanjian kerjasama. Dengan modal 28,000 USD, mereka merupakan pendiri perusahaan yang kini menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia. Hanya sedikit perusahaan yang tumbuh bersama berkembangnya industri otomotif pada abad ke-20 ini seperti Ford Motor Company.Seperti halnya perusahaan besar lainnya, Ford Motor Company memulai bisnisnya dari skala yang kecil. Pernah tersirat kekuatiran pada saat Ford Motor Company baru berdiri. Pada tanggal 20 Juli 1903, kira-kira satu bulan sejak perusahaan ini berdiri, pengiriman pertama dilakukan kepada seorang dokter di Detroit.

Salah satu kontribusi Ford Motor Company terhadap industri otomotif adalah "moving assembly line". Pertama kali diimplementasikan di pabrik Highland Park di Michigan, di tahun 1913. Tehnik baru ini memperbolehkan tiap pekerja untuk menetap di satu tempat dan melakukan perakitan yang sama berulang kali, terhadap kendaraan yang hendak dirakit yang melewatinya.

Henry Ford berpendapat bahwa masa depan perusahaan terletak pada produksi kendaraan yang terjangkau bagi masyarakat banyak. Diawal 1903, Ford Motor Company mulai menggunakan 19 huruf alpabet pertama untuk menamai kendaraan produksinya yang baru. Di tahun 1908, Model T pertama kali diproduksi. Ford Motor Company kemudian menjadi raksasa industri otomotif yang kemudian mendunia, setelah 19 tahun berkiprah di dunia otomotif dengan menjual 15 juta kendaraan Model T. Divisi Mercury didirikan untuk menjawab kebutuhan akan mobil dengan tingkat harga menengah. Ford Motor Company terus berkembang.

Ford sendiri hadir di Indonesia sejak 1989, saat itu Ford di Indonesia diwakilkan oleh Indonesia Republic Motor Company (IRMC). PT Ford Motor Indonesia yang diresmikan pada bulan Juli 2000 adalah sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Ford di Indonesia. Sekarang ini Ford sudah menggunakan sistem e-commerce untuk terus memperluas jaringan penjualan mereka ke seluruh dunia, di situs ford bahkan layanan penjualan Ford juga menyertakan sistem pembelian secara kredit untuk mempermudah para konsumen dalam memiliki kenderaan.

KELEBIHAN E-COMMERCE FORD

·      Layanan penjualan Ford menyertakan sistem pembelian secara kredit untuk mempermudah para konsumen dalam memiliki kenderaan.

·       Guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan, Ford bahkan mengembangkan sistem layanan pascajual online berskala internasional dan regional, khususnya untuk manajemen operasional suku cadang yang dikenalkan dengan nama sistem Panda (Part dan Accessories) yang dapat mengontrol ketersediaan suku cadang secara online.

·         Bahkan untuk Pasifik dan Afrika Ford juga mengembangkan sistem yang  disebut GEVIS (Global Extract Vehicle Information System), yang pada dasarnya semacam database server (ditempatkan di Singapura). Semua informasi produk dari pabrikan akan masuk ke dalam GEVIS. Dalam GEVIS ini, setiap dealer di suatu negara bisa melihat beberapa hal terkait, misalnya mengenai jumlah line kendaraan Ford yang masuk ke situ, ataupun suku cadang yang dibutuhkan. 

·          Ford.com Ini merupakan sistem pemesanan terpadu yang berperan penting dalam memastikan terjadinya biaya pengantaran suku cadang yang lebih efisien, meningkatkan ketersediaan stok suku cadang, dan memfasilitasi pemenuhan terhadap permintaan konsumen. Diharapkan istem ini akan memberikan nilai tambah dan kepuasan bagi pengguna Ford.

·        Secara umum, keberadaan sistem online ini akan menjamin kelancaran dan ketepatan pendistribusian suku cadang bagi kendaraan Ford. Sebab, sistem ini memberikan informasi terbaru secara online mengenai ketersediaan suku cadang yang dimiliki oleh suatu ATPM Ford di Asia Pasifik.

KEKURANGAN E-COMMERCE FORD

E-Commerce pada Ford ini memiliki kekurangan yang tidak terdapat pada E-Commerce pada Dell, yaitu :

·         Pada level tertentu sistem layanan online Ford ada juga kekurangan karena mekanisme pembelian untuk suku cadang tetap melalui dealer, tidak bisa lewat sistem online tadi. Karena sistem layanan pascajual yang dikembangkan FMC ini bersifat closed system. Maksudnya, hanya Ford dan dealer atau parts shop yang teregistrasi yang bisa mengakses sistem tersebut. 

0 komentar:

Posting Komentar

Visitor Flag