Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Contact Me

 

BAB II : E-BUSINESS GLOBAL : Bagaimana Bisnis Menggunakan Sistem Informasi

Senin, 26 September 2011



PROSES BISNIS DAN SISTEM INFORMASI


Proses Bisnis

Proses Bisnis adalah seperangkat aktivitas yang berhubungan secara logis yang menjelaskan bagaimana tugas bisnis tertentu dilaksanakan, dan bisnis dapat dipandang sebagai sekumpulan proses bisnis.

Davenport (1993) mendefinisikan proses bisnis sebagai:

“aktivitas yang terukur dan terstruktur untuk memproduksi output tertentu untuk kalangan bidik atau pelanggan tertentu. Terdapat di dalamnya penekanan yang kuat pada “bagaimana” pekerjaan itu dijalankan di suatu organisasi, tidak seperti fokus dari produk yang berfokus pada aspek “apa”. Suatu proses oleh karenanya merupakan urutan spesifik dari aktivitas kerja lintas waktu dan ruang, dengan suatu awalan dan akhiran, dan secara jelas mendefinisikan input dan output.”




Bagaimana Teknologi Informasi meningkatkan Proses bisnis: Efesiensi dan Perubahan

Dua utama cara sistem informasi manajemen meningkatkan proses bisnis adalah: meningkatkan efesiensi proses yang telah ada dan memungkinkan keseluruhan proses baru yang memungkinkan merubah bisnis. Sistem informasi mengotomatiskan banyak tahap pada proses bisnis yang sebelumnya dilakukan secara manual, seperti pengecekan kredit klien, atau memperoleh tagihan, dan pesanan pengiriman. Namun teknologi juga dapat mengubah arus informasi menggantikan langkah berurutan dengan tugas yang dapat dilakukan bersamaan secara paralel dan menghilangkan penundaan pada pembuatan keputusan. Dengan kata lain informasi dapat mengubah secara keseluruhan proses bisnis baru.


JENIS SISTEM INFORMASI BISNIS


Sistem dari sudut pandang fungsional

Sistem bisnis yang dijalankan pada fungsinya tersendiri, seperti jika anda berkonsentrasi pada pemasaran dan bekerja pada pemasaran, pertama-tama anda akan bekerja pada pekerjaan dan sistem informasi pemasaran juga.

Sistem dari sudut pandang konstituen

Sistem bisnis yang dijalankan berdasarkan beberapa fungsi-fungsi tertentu, seperti manajer senior membutuhkan informasi ringkas yang dapat secara cepat memberi informasi mengnai kinerja keseluruhan perusahaan, seperti pendapatan penjualan kotor, penjualan berdasarkan kelompok produk dan wilayah, dan profitabilitas keseluruhan.


SISTEM YANG MELINGKUPI PERUSAHAAN


Aplikasi bisnis

Aplikasi perusahaan merupakan sistem yang melingkupi area fungsional, berfokus pada menjalankan proses bisnis didalam perusahaan bisnis didalam perushaan bisnis dan termasuk seluruh tingkatan manajemen. Terdapat empat aplikasi utama dalam perusahaan yaitu: Sistem Perusahaan, Sistem Manajemen Rantai Pasokan, Sistem Pengelolaan Hubungan Pelanggan, Sistem Pengelolaan Pengetahuan.

Intranet dan Ekstranet

Intranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet hanya saja digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan warung internet (WARNET) pun dapat di kategorikan Intranet. Antar Intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan lainnya melalui sambungan Internet yang memberikan tulang punggung komunikasi jarak jauh. Akan tetapi sebetulnya sebuah Intranet tidak perlu sambungan luar ke Internet untuk berfungsi secara benar. Intranet menggunakan semua protocol TCP/IP dan aplikasinya sehingga kita memiliki “private” Internet.

Ekstranet adalah intranet yang diperpanjang kepada pengguna yang diizinkan diluar perusahaan. Ekstranet mengizinkan perusahaan perusahaan yang berbeda untuk bekerja bersama pada rancangan produk, pemasaran, dan produksi.

E-business, E-commerce dan E-government

E_business adalah proses bisnis yang dijalankan menggunakan teknologi digital dan internet untuk menjalankan proses bisnis utama pada perusahaan.
E-Commerce adalah bagian dari e-business yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan barang dan jasa melalui internet.
E-government adalah bisnis yang menggunakan teknologi digital yang memungkinkan hubungan pemerintah dan agen sektor publik dengan masyarakat, bisnis dan perpanjangan pemerintah lainnya.


FUNGSI SISTEM INFORMASI PADA BISNIS


• Peningkatan efisiensi dan keluwesan operasional
• Peningkatan mutu perencanaan
• Peningkatan mutu pengendalian dan pengawasan
• Peningkatan mutu dan jumlah informasi
• Peningkatan kepuasan konsumen
• Peningkatan kepuasan karyawan
• Meningkatkan Efisiensi Operasional
• Peningkatan mutu komunikasi internal dan eksternal
• Memperkenalkan Inovasi Dalam Bisnis
• Membangun Sumber-Sumber Informasi Strategis


PRAKTIK APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN


Proyek pada bagian ini dapat digunakan dalam Menganalisis data kinerja keuangan dan penjualan perusahaan untuk menilai kinerja bisnis dan profitabilitas, menggunakan spreadsheet untuk meningkatkan pembuatan keputusan mengenai pemasok,memilih pemasok dan guna mencapai keunggulan operasional: penggunaan peranti lunak internet untuk merencanakan rute transportasi yang efesien.

0 komentar:

Posting Komentar

Visitor Flag